Kegiatan Belajar 1: MENDENGARKAN BIDANG BAHASA

A. Fakta dan Opini
Fakta adalah hal yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada, terjadi dan ada buktinya. Misalnya : ada benda, orang, waktu, tempat, peristiwa, jumlahnya, atau dapat menjawab pertayaan dengan kata Tanya apa, siapa, kapan, di mana, atau berapa.
Contoh : “Tirakatan Budaya” adalah acara yang diadakan oleh para seniman dan budayawan menjelang detik pergantian abad-20, di Kompleks Taman Budaya Jawa Tengah, Solo 12 Desember 2000
.
Contoh tersebut dapat menjawab pertayaan apa, siapa, kapan, dan dimana.

Aspek Ciri-ciri
Isi Isi fakta adalah peristiwa atau kejadian, benda, orang, atau entitas lainnya.
Kebenaran Kebenaran fakta seperti adanya sesuai dengan kkonteksnya masing-masing.
Cara pengungkapan Berupa kalimat berita atau pernyataan.
manfaat Bagi pendengar atau pembaca, fakta berguna untuk melengkapi informasi dan menambah pemahaman suatu konsep tertentu.

Opini, ialah pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang tetang sesuatu atau dapat menjawab pertayaan bagaimana.
Contoh : “Bagus sekali isi puisi yang disampaikan W.S.Rendra pada acara “Tirakatan Budaya” itu.
Contoh tersebut menjawab pertayaan bagaimana
Aspek Ciri-ciri
isi Isi opini merupakan hasil pemahaman dan penilaian seseorang mengenai sesuatu (peristiwa atau kejadian, benda, orang, atau entitas lainnya).
Kebenaran Kebenaran opini bersifat relative bergantung pada waktu dan tempat, sudut pandang, dan bukti-bukti pendukung yang relevan.
Cara pengungkapan Berupa kalimat berita atau pernyataan.
manfaat Bagi pendengar atau pembaca, opini membantu memahami sesuatu yang diuraikan dalam berita atau laporan

B. KRITIK DAN SARAN
Mengemukakan tanggapan terhadap laporan yang didengar sebenarnya sering kita lakukan. Komentar dalam kenyataanya dapat berupa kritik dan saran terhadap materi yang kita dengarkan.
Dilihat dari sikap dan tujuan memberi komentar, komentar dapat dibedakan menjadi :
1. komentar positif; didasari oleh sikap dan tujuan positif atau berbaik sangka sehingga mengarah pada kritik dan saran yang baik.
2. komentar negative, didasari oleh sikap dan tujuan negative sehingga mengarah pada kritik dan saran negatif.

RINGKASAN MATERI
Isi fakta adalah peristiwa atau kejadian, benda, orang, atau entitas lainnya. Kebenaran fakta seperti adanya sesuai dengan kkonteksnya masing-masing. Berupa kalimat berita atau pernyataan.Bagi pendengar atau pembaca, fakta berguna untuk melengkapi informasi dan menambah pemahaman suatu konsep tertentu.
Isi opini merupakan hasil pemahaman dan penilaian seseorang mengenai sesuatu (peristiwa atau kejadian, benda, orang, atau entitas lainnya) Kebenaran opini bersifat relative bergantung pada waktu dan tempat, sudut pandang, dan bukti-bukti pendukung yang relevan Berupa kalimat berita atau pernyataan. Bagi pendengar atau pembaca, opini membantu memahami sesuatu yang diuraikan dalam berita atau laporan
Komentar dalam kenyataanya dapat berupa kritik dan saran terhadap materi yang kita dengarkan. Dilihat dari sikap dan tujuan memberi komentar, komentar dapat dibedakan menjadi :
1. komentar positif; didasari oleh sikap dan tujuan positif atau berbaik sangka sehingga mengarah pada kritik dan saran yang baik.
2. komentar negative, didasari oleh sikap dan tujuan negative sehingga mengarah pada kritik dan saran negatif.

LATIHAN

1. Tahapan mendengarkan atau menyimak yang perlu diperhatikan sebelum memberi saran positif, adalah … kecuali …
a. Mendengar c. memahami e. menginterpretasi
b. Mengevaluasi d. mengkritik
2. Kegiatan memberi komentar, saran, dan kritik dalam kegiatan mendengar ada pada tahap …
a. Mengevaluasi c. menginterpretasi e. menyimak
b. Menanggapi d. mendengar
3. Berdasarkan survey, remaja putra yang mempunyai teman pria yang telah melakukan hubungan seksual sebelum menikah mencapai 35 %. Sementara teman putrinya mencapai 24%. Saran yang tepat untuk pernyataan tersebut adalah…
a. Remaja putra dan putri banyak yang melakukan hubungan seksual di luar nikah.
b. Orang tua harus lebih memperhatkan dan membatasi pergaulan remaja.
c. Guru memberkan sanksi yang tegas kepada remaja yang melakukan hubungan seksual di luar nikah.
d. Pemerintah, pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat harus lebih serius memperhatikan pergaulan remaja.
e. Pemerintah dan pihak sekolah dapat bekerja sama memberantas pergaulan bebas.
4. Berdasarkan bukti-bukti dan fakta-fakta yang saya kemukakan, dapat dipastikan bahwa banjir yang melanda desa kita disebabkan oleh penebangan kayu secara besar-besaran oleh penduduk.
Pernyataan seperti di atas digolongkan sebagai …
a. Sanggahan c. kritik e. saran
b. Pendapat d. kesimpulan
5. Secara kuantitas, sebenarnya kegiatan kepemudaan saat ini tidak kalah dengan Sumpah pemuda dahulu. Berbagai perkumpula pemuda dari tingkat RT sampai pusat, perhimpunan mahasiswa dan komunitas-komunitas pemuda muncul dengan kegiatan mereka masing-masing. Kesemuanya itu dapat menjadi bukti bahwa dalam diri pemuda masa kini masih ada semangat bersatu meraih apa yang dicita-citakan layaknya pencetus Sumpah pemuda dulu.
Ide pokok paragraf tersebut adalah …
a. Peran Sumpah Pemuda bagi para pemuda.
b. Sumpah Pemuda dan peran pemuda sekarang
c. Sumpah Pemuda dan semangat berstu
d. Maraknya perkumpulan pemuda dari tingkat RT sampai pusat.
e. Pemuda sekarang sama dengan pencetus Sumpah pemuda.
6. Masyarakat yang terbuka, bebas, dan mempunyai jiwa merdeka merupakan masyarakat yang bertanggung jawab. Masyarakat yang demikian tidak pernah terhasut, tidak mudah marah, dan tidak mudah dibodohi. Jadi, masyarakat itu tidak rapuh. Dan pada masyarakat yang demikianlah, kita mengharapkan lahirnya kekuatan-kekuatan internal dan dinamika-dinamika baru dalam merespons tiap perubahan.
Isi pokok paragraf di atas adalah ….
a. masyarakat yang bertanggung jawab
b. masyarakat yang tidak akan rapuh
c. masyarakat yang berdinamika baru
d. masyarakat yang berkekuatan baru
e. masyarakat yang gampang terhasut
7. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Kereta api yang sesungguhnya baru lahir setelah ada yang menemukan lokomotif uap untuk digerakkan di atas rel (1). Penemunya adalah Richard Trevilchick, insinyur tambang dari Inggris (2). Makna lokomotif berasal dari kata locus (tempat) dan motive (bergerak), yang artinya kira-kira adalah sesuatu yang berjalan di atas rel tanpa ditarik oleh kuda atau sarana angkutan yang lain (3). Menurut banyak orang, alat angkutan tersebut sangat efektif sebagai sarana angkutan massal (4). Bahkan, sampai ada yang meng-klaim bahwa seyogianya alat transportasi tersebut yang lebih diperkembangkan (5).
Fakta berdasarkan teks bacaan di atas terdapat dalam kalimat ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
8. Setelah fakta dari berita radio ditemukan, selanjutnya dilakukan kegiatan ...
a. Memberi ulasan c. Memberi usul e. Bertanya
b. Memberi contoh d. Memberi saran
9. Sebelum memberi saran terhadap informasi yang didengar, dapat dilakukan kegiatan berikut, kecuali ...
a. Menyimak dengan baik d. Menafsirkan pembicaraan
b. Mencatat pokok pembicaraan e. Mengevaluasi materi pembicaraan
c. Membaca saat makalah dibacakan
10. Ketika mendengarkan informasi dari radio/ televisi, kita harus memperhatikan hal-hal berikut ini, kecuali ...
a. Mendengarkan dengan seksama
b. Merekam hal-hal baru
c. Mempersiapkan alat tulis untuk mencatat informasi
d. Memberikan komentar bila tidak seseuai fakta
e. Menyimak setiap pernyataan yang dituturkan penyair


KUNCI JAWABAN
1. E
2. B
3. D
4. B
5. A
6. A
7. B
8. A
9. C
10. D

Kegiatan Belajar 2: MENDENGARKAN BIDANG SASTRA

A. UNSUR-UNSUR INSTRINSIK NOVEL
Unsur pembangun novel , yaitu :
1. Unsur intrinsik, adalah unsur yang membangun cerita dari dalam. Meliputi :
a. Tema : inti cerita.
b. Amanat : pesan yang disampaikan pengarang kepada pembaca.
c. Alur atau plot : rangkaian jalannya cerita dari awal sampai akhir.
d. Setting atau latar : tempat, waktu dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita.
e. Karakteristik : perwatakan tokoh-tokoh.
f. Sudut pandang pengarang/point of view : cara pengarang menempatkan dirinya dalam cerita. Dibedakan menjadi :
1) Sudut pandang orang pertama. Sudut pandang ini dibedakan lagi menjadi orang pertama aktif dan pasif. Sudut pandang orang pertama aktif, pengarang menempatkan diri sebagai tokoh utama (aku). Sudut pandang orang pertama aktif disebut juga sudut pandang orang pertama pelaku utama. Sedangkan sudut orang pertama pasif, pengarang menempatkan diri dalam cerita (aku) tetapi menceritakan tokoh lain. Sudut pandang orang pertama pasif disebut juga sudut pandang orang pertama pelaku sampingan.
2) Sudut pandang orang ketiga, pengarang menempatkan diri di luar cerita sebagai pencerita. Biasanya pengarang langsung menyebut nama-nama tokoh.
2. Unsur ekstrinsik, adalah unsur yang membangun cerita dari luar. Meliputi :
a. Latar belakang kehidupan pengarang (biografi, pendidikan, pekerjaan)
b. Unsur sosial dan budaya pada waktu cerita dihasilkan.
c. Unsur agama/religi.

B. UNSUR-UNSUR INSTRINSIK DRAMA
Drama adalah karya sastra yang naskhnya ditulis dalam bentuk dialog, dan butuh dipentakan. Unsur Instrinsik drama antara lain :
a. Tema : inti cerita.
b. Amanat : pesan yang disampaikan pengarang kepada pembaca.
c. Alur atau plot : rangkaian jalannya cerita dari awal sampai akhir.
d. Karakteristik : perwatakan tokoh-tokoh.
e. Konflik, yaitu ketegangan atau maslah dalam drama.
f. Percakapan, yaitu dialog para pemain.
g. Tata letak panggung.
h. Kasting, yaitu pemilihan pemeran yang tepat.
i. Penokohan, yaitu pembagian peran menjadi antagonis, protagonis, dan tritagonis.
j. Acting, yaitu perilaku para pemain.
k. Bloking, yaitu gerakan berpinadah-pindah yang dilakukan pemain ketika berperan.

RINGKASAN MATERI
Unsur intrinsik novel adalah unsur yang membangun cerita dari dalam. Meliputi : Tema, amanat., Alur atau plot, Setting atau latar, Karakteristik, dan sudut pandang pengarang/point of view.
Unsur ekstrinsik, adalah unsur yang membangun cerita dari luar. Meliputi Latar belakang kehidupan pengarang (biografi, pendidikan, pekerjaan), Unsur sosial dan budaya pada waktu cerita dihasilkan, dan Unsur agama/religi.
Drama adalah karya sastra yang naskhnya ditulis dalam bentuk dialog, dan butuh dipentaskan. Unsur Instrinsik drama antara lain : Tema,amanat, alur atau plot, karakteristik, konflik, percakapan, tata letak panggung, Kasting. Penokohan, Acting, dan Bloking,

LATIHAN
1. Berikut ini yang bukan merupakan aspek-aspek mendiskusikan isi teks drama adalah ...
a. Tema c. Penokohan e. Aspek budaya
b. Pesan d. Latar
2. Sulung : Begitu pendapat, Bapak? Memang Bapak ada hak penuh untuk berpendapat demikian itu.
Bapak : Nak, keyakinanmu salah. Sadarlah !
Sulung : Salah bagi Bapak, benar bagiku. Dan aku sadar benar akan itu. Dan penuh kesadaran pula aku bersedia menanggung risikonya.
(Bapak: H. Sularto)
Konflik dalam kutipan tersebut adalah ...
a. Si Bapak tidak berhasil menasihati anaknya.
b. Si anak memaksakan kehendaknya kepada Bapaknya.
c. Si bapak sangat marah pada anaknya yang pembangkang.
d. Si bapak merasa salah mendidik anak kandungnya.
e. Si anak tidak dipedulikan oleh orang tuanya.
3. Adegan Ponirah dan Marni dengan menggendong bakul dan mengenakan topi caping.
Marni : Pon … Ponirah.
Ponirah : Ada apa?
Marni : Aku melihat sepintas bayangan orang di sana.
Ponirah : Musuh? Marni, kita ini jualan buah dan tidak punya musuh. Kita harus yakin, yang berani bergerak di malam hari hanya TNI. Ayo jalan!
Keduanya berjalan dengan sekali-sekali menoleh ke belakang. Topi caping di tangan kiri. Tangan kanan di balik seakan memegang senjata.
Situasi yang dilukiskan dalam penggalan drama di atas adalah …
a. Mencekam c. menyenangkan e. menggelisahkan
b. Mengerikan d. menjengkelkan
4. Fungsi unsur-unsur instrinsik teks drama adalah untuk membantu …
a. Menyimpulkan isi teks drama d. mengekspresikan tema
b. Menganalisis tema e. menyusun teks drama lain
c. Mengetahui fungsi teks drama
5. Berikut ini hal yang harus ditulis dalam menyimpulkan isi teks drama yang didengar, kecuali …
a. Isi teks drama c. latar belakang penulis e. kesimpulan umum
b. Penggunaan bahasa d. unsur-unsur instrinsik

“ Ini tidak adil! Ini tidak adil!” teriak saya pada Jumat dini hari itu. Saya tersedu-sedu di pojok diitunggui istri yang ikut berlelehan air matanya tak mengerti. Saya memukul-mukul dinding sambil terus nyerocos.
“ Mengapa justru Bibit yang dipilih! Kenapa bukan saya bangkotannya. Kenapa bukan kamu, ibunya. Kenapa bukan Joko, atau Jarot, atau Anting , atau Bening.” Istri serta merta memeluk saya sambil menangs sejadi-jadinya. sesungguhnya semesta digelar berdasarkan perikemanusiaan dan periketuhanan?
Bibit, satu-satunya harapan saya di dunia, harus saya buang. Jika dia sudah saya buang dan tidak lagi merupakan bagian dari saya, tidak ada lagi alasan bagi malaikat Izrail memburunya.

6. Konflik dalam kutipan tersebut adalah …
a. Perdebatan seseorang dengan anak-anaknya tentang kematian.
b. Hilangnya semua harapan masa Depan.
c. Keinginan yang menggebu-gebu tapi tidak tercapai.
d. kekesalan dan kekecewaan seseorang terhadap kejadian yang menimpanya.
e. Pertengkaran seseorang dengan istrinya yang sudah tua.
7. Karakter tokoh saya adalah …
a. Pemarah
b. Putus asa
c. Pemalu
d. Lemah
e. Tak bersyukur
8. Sudut pandang dalam kutipan di atas adalah …
a. Orang pertama pelalu utama
b. Orang pertama pelaku sampingan
c. Orang ketiga pelaku utama
d. Orang ketiga serba tahu
e. Orang ketiga pelaku sampingan

Ibu Sati senantiasa membersihkan diri. Setiap kotoran yang menempel di rumah ditepisnya jauh-jauh. Ia manjakan indra-indranya dengan aroma wangi lilin temaram sunyi malam. Dan semua itu dilakukannya dengan penuh bakti. Layaknya sebuah panggilan, bukan beban. Pertanyaannya terjawab. Ia tidak mungkin bosan.

9. Watak tokoh ibu Sati dalam penggalan tersebut adalah …
a. Egois
b. Angkuh
c. Teliti
d. Sombong
e. Rajin

10. Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan tersebut adalah …
a. Orang pertama pelaku utama
b. Orang pertama pelaku sampingan
c. Orang ketiga pelaku utama
d. Orang ketiga pelaku sampingan
e. Orang ketiga serba tahu

KUNCI JAWABAN
1. E
2. B
3. A
4. C
5. C
6. D
7. A
8. A
9. E
10. C

0 komentar:

Posting Komentar