2. BERBICARA MATERI BAHASA

Kompetensi Dasar:
Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi
Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi

Indikator:
Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicaraMengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman

Materi:
Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)
ungkapan persetujuan atau penolakan
penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula, dll.
Buku nonfiksi
intisari buku
penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
hal-hal yang menarik dalam buku
memberikan komentar

3. MEMBACA MATERI BAHASA

Kompetensi Dasar:
Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat.

Indikator:
Menemukan ide pokok tiap paragraf
Menemukan kalimat pendukung ide pokok
Menemukan masalah dalam artikel
Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
Mengidentifikasi kalimat majemuk
Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting
Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
Menanggapi pembacaan teks pidato

Materi:
Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
ide pokok
Masalah dalam artikel
rangkuman artikel
kalimat majemuk
pola kalimat
Naskah pidato
Cara membacakan naskah pidato
Cara menanggapi pembacaan teks pidato

4. MENULIS MATERI BAHASA

Kompetensi Dasar:
Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku

Indikator:
Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
Menyusun surat lamaran pekerjaan
Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaan EYD
Mengidentifikasi struktur surat dinas
Menentukan komponen-komponen surat undangan rapat
Menulis surat undangan
Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi,dan bahasa
Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
Melengkapi laporan dengan lampiran
Mencatat identitas buku
Mendaftar pokok-pokok isi
Mencatat keunggulan dari isi buku
Mencatat kekurangan dari isi buku
Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi
Mendiskusikan resensi yang telah dibuat

Materi:
Contoh surat lamaran
unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
struktur surat lamaran pekerjaan
penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
Contoh surat dinas
unsur-unsur surat dinas
struktur surat dinas
penggunaan bahasa dalam surat dinas
penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
Contoh laporan diskusi
unsur-unsur laporan diskusi
Resensi buku pengetahuan (nonfiksi)
unsur-unsur resensi antara lain:
1.identitas buku
2.isi yang penting/menarik
3.bahasa pengarang
4.keunggulan
5.kelemahan
6.kesimpulan


5. MENDENGARKAN MATERI SASTRA

Kompetensi Dasar:
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel

Indikator:
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel yang dibacakan teman

Materi:
Penggalan novel
penangapan segi vokal
intonasi
penghayatan
Penggalan novel


6. BERBICARA MATERI SASTRA

Kompetensi Dasar:
Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat


Indikator:
Mendeklamasikan/ membacakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
 Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari

Materi:
puisi lama (pantun)
penanggapan pembacaan puisi dari segi:
1. lafal
2. intonasi
3. ekspresi
Puisi baru
Mengomentari pembacaan puisi dari segi
1.lafal
2.intonasi
3.ekspresi

7. MEMBACA MATERI SASTRA

Kompetensi Dasar:
Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen

Indikator:
Menandai jeda puisi karya sendiri
Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
1. lafal dan intonasi
2. penghayatan
3. mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
Menentukan makna puisi karya teman
Mengomentari puisi karya teman

Materi:
Puisi karya sendiri :
tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat)
cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi
makna puisi
Langkah-langkah menulis puisi
Teknik Pembacaan Puisi yang Baik
Instrumen pengamatan pembacaan puisi (format penilaian)
Cerpen

Unsur-unsur intrinsik cerpen :
tema,
latar (setting),
alur = plot (jalinan cerita),
point of view (sudut pandang pengarang)
penokohan/karakterisasi
amamat

8. MENULIS MATERI SASTRA

Kompetensi Dasar:
Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)

Indikator:
Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen
Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen
Menanggapi cerpen yang ditulis teman

Materi:
buku kumpulan cerpen
unsur-unsur resensi
identitas buku
kepengarangan
kekurangan dan kelebihan isi buku
bahasa pengarang, dll buku
topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)

0 komentar:

Posting Komentar